Tips Memilih Domain yang Tepat Untuk Website Anda!

Memilih nama domain yang bagus dan efektif sebenarnya merupakan pekerjaan yang gampang tapi susah. Dikatakan susah mungkin karena sudah banyaknya nama domain yang terpakai, terutama yang berbahasa Inggris, tetapi menjadi mudah jika anda sudah mengantongi nama yang unik tapi tetap memiliki nilai market tersendiri. Intinya dalam memilih nama domain ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan, diantaranya:

Berikut ini beberapa tips dalam memilih domain untuk website, apa saja yang menjadi pertimbangan dalam memilih nama domain.

Tips Memilih Domain yang Tepat Untuk Website Anda

Sebelumnya, ada beberapa aturan dalam memilih domain: Nama Domain hanya boleh menggunakan huruf dan angka, karakter lain yang di perbolehkan adalah tanda “-” (baca: strip atau dash), tetapi karakter “-” tidak diperbolehkan berada di awal dan akhir sebuah nama domain. Spasi dan karakter lain tidak diperbolehkan. Untuk nama domain, maksimun karakter yang diperbolehkan adalah sebanyak 63 karakter, tidak termasuk extensi domain (.com/.net/.org/.info dll). Nama domain biasanya menggunakan huruf kecil semua, walaupun ketika di ketik menggunakan huruf besar/iasar pada browser juga ias.

Tips memilih nama domain:

Identik, Nama Domain harus mewakili perusahaan, produk ataupun tema website Anda. Sebaiknya gunakan nama perusahaan atau produk sebagai nama domain, apabila untuk website pribadi, gunakan nama Anda sebagai nama domain.

Gunakan .com, pilihan extensi utama ketika anda memilih domain adalah .com karena lebih iasar ketimbang extensi lainnya. Selajutnya apabila sudah terpakai, pilih .net, .org, .info, .biz dan lainnya. Kalo perlu, beli semua extensi yang ada dan forward ke satu website utama, hal ini untuk menjaga penyalahgunaan nama domain oleh orang lain. Karena ias saja orang menjatuhkan nama baik Anda atau website Anda dengan membuat website dengan nama sama dengan extensi yang berbeda.

Gampang diingat dan populer, pilih domain yang gampang di ingat, unik, dan mudah di ucapkan namun juga popular. Banyak website sukses dengan nama unik maupun kata-kata yang sering kita ucapkan sehari-hari, misalnya astaga.com dll.

Jangan Terlalu Panjang, sama seperti nama pada umumnya, kalo namanya terlalu panjang, biasanya susah untuk di ingat, gunakan tanda “-” untuk pemisah untuk domain dengan dua suku kata atau lebih, atau karena sudah diambil orang, misalnya namadomain.com sudah diambil orang, coba alternative lain seperti nama-domain.com atau menggunakan extensi lain misalnya namadomain.net atau nama-domain.net

Sebelum membeli domain, sebaiknya pikirkan secara mendalam nama yang akan anda gunakan, Anda bisa mengecek apakah domain sudah dipake orang atau belum. Untuk mengecek nama doman tersebutk, anda bisa melihatnya dari menu “Cek Domain.”

Leave a Reply